Tingkatkan Kerjasama Intensif, Basarnas Jalin Silaturahmi dengan Bupati Kasihiw

Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw,MT saat menerima cinderamata dari Basarnas.(25/10)

MANOKWARI, PAMALNEWS.com — Meningkatkan kerja sama yang lebih intensif dalam hal penangulanggan bencana alam, Basarnas pererat tali silaturahmi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni lewat pertemuan dengan Bupati Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw, MT di Pos SAR Bintuni, Kamis (24/10).

Bupati Kasihiw mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan/Basarnas Manokwari George Leo Mercy Randang, S.IP dan rombongan dari Basarnas pusat di Teluk Bintuni.

“Tekad saya bahwa, kita semua perlu berjalan dalam satu team work demi pelayanan kepada masyarakat. Sebagai kabupaten baru, kehadiran Basarnas merupakan suatu pelengkap formasi karena kita juga masih mengalami keterbatasan, terkait penanggulangan bencanaan alam ini,” kata bupati.

Bupati pun menerangkan, Kehadiran Basarnas memberi warna tersendiri karena melekat pada persoalan tinggi yang berdampak kepada masyarakat.

“Di Kabupaten ini, kalau dilihat dari topografi wilayah, memang potensi bencana pasti ada, di antaranya seperti banjir, dan lain lain,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati menyatakan sikap mendukung penyediaan lahan tambahan bagi mendukung kinerja Basarnas di Kabupaten Teluk Bintuni.

“Pemda siap memberikan lahan, sebagaimana seperti yang kami lakukan pada instansi vertikal lain dan
nantinya bersama mencari lahan yang mana strategis dijadikan Kantor. Pada intinya kami siap mendukung keberadaan Basarnas di Teluk Bintuni,” ujar bupati.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan/Basarnas Manokwari George Leo Mercy Randang, mengatakan ada empat tugas utama Basarnas di antaranya, kondisi membahayakan manusia dan tanggap darurat bencana, namun dibalik semangat itu, Basarnas masih memiliki keterbatasan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) dan alutista.

“Pos Basarnas di Bintuni masih baru, sehingga kami minta Pemda selalu membuka diri untuk bekerjasama dalam misi kemanusiaan dan pelayanan bagi masyarakat. Kantor SAR Manokwari memiliki satu pos dan 1 unit siaga dimana, 1 pos di Bintuni dan 1 unit siaga di Kabupaten Teluk Wondama, dan masih ada lagi 5 kabupaten yang harus diisi, tapi karena masih terbatas SDM dan alutista,” bebernya.

Baca Juga:   Ratusan Pencaker Tolak Seleksi CPNS Jalur Online

Menambahkan, Kepala Sub Bagian Program Biro Perencanaan Basarnas Pusat, Nur Yahya, S.Sos,M.A, menjelaskan, kepada bupati bahwa standar pos kantor SAR yakni minimal seluas 5000 meter persegi. Hal ini sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan, mengingat segi keamanan dan sasaran tugas Basarnas adalah terkait pengabdian kemanusiaan dan sosial.

“Kami sangat apresiasi kepada Pemda Teluk Bintuni atas penyambutan dan ramah tamah jalinan silaturahmi ini. Harapan kami, segala target usaha kemajuan untuk kepentingan masyarakat dalam hal penanggulangan bencana alam dapat berjalan baik tentu dengan dorongan kerjasama yang baik,” tandasnya. (ian)