Tim SAR Evakuasi 3 Wisatawan Tenggelam di Pantai Pasir Putih

Penanganan korban tenggelam oleh tim SAR Manokwari, Sabtu (23/2/2019) di Pantai Wisata Pasir Putih
Penanganan korban tenggelam oleh tim SAR Manokwari, Sabtu (23/2/2019) di Pantai Wisata Pasir Putih (Pasput) Manokwari

MANOKWARI, PAMALNEWS.com – Suasana sekitar Pantai Wisata Pasir Putih Kabupaten Manokwari dikejutkan dengan tenggelamnya tiga wisatawan, Sabtu (23/2/2019) siang.

Ketiganya diketahui sedang menikmati keindahan laut Pasir Putih sebelum terbalik dari perahu sekitar 800 meter dari bibir pantai.

Kejadian sekitar pukul 11.00 WIT ini langsung direspon Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Manokwari dengan menerjunkan tim penyelamat dan dua buah perahu karet.

Proses evakuasi berlangsung alot karena ketiga korban mengalami cidra di bagian kaki. Meski demikian, mereka berhasil diselamatkan ke darat dan segera mendapat pertolongan pertama.

Kejadian ini dirangkum dalam simulasi Mini Chalenge Kantor Pencararian dan Pertolongan (Search and Reacue) Manokwari sekaligus peringatan HUT Basarnas ke-47.

“Ini tidak hanya sekedar simulasi tetapi sekaligus menunjukan kepada masyarakat bagaimana penanganan kecelakaan di laut,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari George L Mercy Randang.

Menurutnya masyarakat harus tetap waspada karena kecelakaan bisa terjadi kapan dan dimana saja, terutama saat berkunjung ke tempat wisata.

“Yang paling penting adalah pengawasan saat berada di tempat wisata. Misalnya orang tua harus memperhatikan anaknya,” pesan George.

Kegiatan ini mendapat respon dari pengunjung Pantai Wisata Pasir Putih. Beberapa warga di antaranya pun sempat mengabadikan momen ini melalui HP.

Selain simulasi, semua kru SAR juga turut membersihkan sampah di sekitar lokasi kegiatan dengan harapan menjadi contoh bagi pengunjung Pantai Pasir Putih (Pasput) Manokwari. (red)

Baca Juga:   Momen HUT RI Pemuda Amban Berbagi