Tim SAR Evakuasi 12 Penumpang Perahu Hanyut di Laut Manokwari

Proses evakuasi Tim SAR Manokwari, Kamis (14/3/2019) malam di dermaga Pasar Ikan Sanggeng.
Proses evakuasi Tim SAR Manokwari, Kamis (14/3/2019) malam di dermaga Pasar Ikan Sanggeng.

MANOKWARI, PAMALNEWS.com – Tim rescue Kantor SAR Manokwari, Kamis (14/3/2019) malam berhasil mengevakuasi 12 penumpang perahu yang hanyut di laut Mansinam.

Kedua belas penumpang terdiri dari 5 anak, dua wanita dan 5 pria ditemukan selamat pukul 19.15 WIT meski perahu yang ditumpangi sempat hanyut dua jam akibat kehabisan BBM saat perjalanan dari Pulau Numfor menuju Manokwari.

Komandan tim Rescue, M.Hairul, mengatakan perahu bertolak dari Kepulauan Yapen (Papua) Rabu pagi dan sempat bermalam di sebuah tanjung karena gelombang tinggi.

Dalam perjalanan, mereka sempat singgah mengisi BBM di Pulau Numfor namun kehabisan BBM dan akhirnya hanyut sebelum tiba di Manokwari.

“Karena gelombang tinggi dan angin kencang, BBM boros dan akhirnya mereka hanyut di antara laut Numfor dan Manokwari,” ujarnya usai proses evakuasi di dermaga Pasar Ikan Sanggeng Manokwari.

Beruntung karena salah satu penumpang masih bisa berkomunikasi dengan Tim SAR via ponsel. Sebelumnya, mereka sempat hanyut hingga laut depan Abasi dan ditarik perahu nelayan serta dibekali BBM 5 Liter. Namun kemudian dilepas di laut belakang Pulau Mansinam.

“Tetapi BBM yang dikasih habis juga sebelum mereka tiba di Manokwari. Kita ketemu di belakang laut Mansinam setelah sempat mencari sekitar 22 notical mile dari Manokwari,” terang Hairul.

Proses evakuasi melibatkan 8 personel Tim SAR Manokwari ditambah dua orang dari keluarga korban perahu hanyut sejak mendapat laporan sekira pukul 17.30 WIT.

Perahu berisi dua belas penumpang ini bertolak dari Kepualauan Yapen ke Manokwari untuk menghadiri duka.

Berikut daftar nama penumpang perahu diantaranya, Nehemia Awarawi (37), Mery (37), Albertus (27), Yoab Yenu (40), Ariano (50),  Arnila Awarawi (5), Gabriel Awarawi (10), Charles Menai (2), Sagia (9), Angeluna Awarawi (6), Ones (9) dan Fagiel (11). (red)

Baca Juga:   Tes CPNS Offline Segera, Kuota OAP 80 Persen