Sumpah Pemuda 2018, Rosaline Rumaseuw Ajak Berani Berkarya

Rosaline Rumaseuw tampil dalam sebuah kegiatan di HUT GKI ke-62 di Kota Sorong.

SORONG, PAMALNEWS.com – Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun, Pemerhati Perempuan Papua, Rosaline Rumaseuw menantang kaum milenial khususnya generasi muda Papua untuk berani berkarya dengan meningkatkan rasa cintanya kepada budaya sendiri.

“Generasi muda Papua harus berani berkarya. Dengan berbagai ragam budaya di Indonesia, itu harus jadi pemicu untuk lebih menghasilkan berbagai karya sebagai wujud kecintaannya terhadap budaya sendiri,” kata Rosaline ketika dikonfirmasi Pamalnews.com, Minggu (28/10).

Perempuan asli Papua kelahiran Biak tersebut juga menegaskan pada generasi muda Papua saat ini untuk berani mengekspresikan ide dan gagasannya ke dalam sebuah karya yang bisa diingat orang.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan oleh generasi muda saat ini sehingga tidak ada kesan yang muncul kalau orang Papua tidak bisa berbuat apa-apa, padahal kalau dilihat, Papua itu kaya dengan budaya.

“Pada momen Pemuda inilah, itu yang harus kita ingatkan kepada generasi muda kita supaya berani mengambil keputusan dalam sebuah tindakan nyata sehingga ke depan bisa berguna bagi banyak orang,” ujar Rosaline.

Ia mencontohkan dalam pergelaran karnaval budaya atau kesenian setiap digelar di Tanah Papua, yang diundang biasanya bukan musisi atau seniman lokal. Karena itu ia berharap, agar ke depan generasi muda asli Papua dalam event apapun, lebih diutamakan.

Sebelumnya, memperingati HUT GKI ke-62 yang dirayakan di Kota Sorong, Rosaline yang juga adalah President Lions Club Centennial Cendrawasih dalam sebuah kegiatan, berhasil mengundang Putra Asli Papua Edo Kondologit sebagai bintang tamu.

“Generasi muda Papua itu bisa, kalau berani bermimpi dan mewujudkan mimpinya. Karena itu, di momen Sumpah Pemuda ini sekiranya bisa menjadi inspirasi kepada kita semua terutama generasi muda Papua untuk terus berkarya,” tandasnya. (jjm)

Baca Juga:   New, Ini Alamat Website Universitas Papua