Sahabat RR: OAP, Jangan Buang Emas Demi Sebuah Biji Jagung

Jaap Eric Wabdaron

MANOKWARI, PAMALNEWS.com – Ketua Tim Relawan Sahabat RR (Rosaline Rumaseuw), Jaap Eric Wabdaron, mengajak Orang Asli Papua (OAP) agar tidak menyia-nyiakan hak politiknya untuk memilih Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Papua Barat pada Pemilu 2019 mendatang.

Mengingat, salah satu syarat mutlak bagi caleg yang ingin berkantor di Senayan adalah meraih suara mayoritas. Sehingga resolusinya bila OAP ingin ada perubahan dan haknya tidak dilanyak, maka inilah saatnya.

“Istilahnya, jangan sampai kita buang emas demi sebuah biji jagung, karena emas itu berharga dan seseorang yang datangnya (asal) dari sana, harus kita perjuangkan,” ujarnya kepada Pamalnews.com, Senin (22/10).

Menurutnya, OAP harus jernih melihat siapa figur yang patut diperjuangkan demi perubahan dan kesejahteraan bersama. Bukan sebaliknya, memperjuangkan orang yang hanya piawai beretorika sesaat dan sesumbar manis dekat hari pemilihan.

Karena itu, kata dia, panorama Papua harus dijaga, jangan sampai karut-marut untuk kepentingan politik semata apalagi niat untuk saling jegal demi kursi empuk di Senayan.

Ia berharap, ajang kontestasi politik Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 agensinya adalah sosok yang benar-benar teruji memiliki kapabilitas, akseptabilitas dan profesional. Sehingga nanti kerjanya betul-betul total untuk kepentingan rakyat di Papua Barat.

“Kita harus jujur, Papua butuh figur yang seperti (di atas, red), yang mana marwahnya adalah Papua, darahnya adalah Papua, dan cintanya juga Papua,” jelasnya.

Jaap kemudian menilai, sosok itu ada dalam diri seorang dr. Rosaline Irene Rumaseuw, yang menurutnya layak diperjuangkan karena selain RR adalah OAP, ia juga punya segudang pengalaman dalam kancah politik di pusat.

Selain itu, RR merupakan Tokoh Perempuan asli Papua yang punya kepedulian begitu besar bagi kemaslahatan OAP, terlebih kepada para perempuan Papua yang notabene juga mama Papua.

Baca Juga:   Kabupaten Sorong Menuju Bebas Korupsi

“Saya pikir ini saatnya, kita miliki keterwakilan perempuan OAP di Senayan. Kalau bukan sekarang kapan lagi?, apalagi jika kita ingin mencari yang terbaik, setidaknya adalah yang bisa memberi manfaat untuk orang banyak,” tandasnya. (jjm)