Rakor KONI Berjalan Alot

Kadispora yang juga selaku Wakil sekretaris KONI Papua, Daud (kemeja biru) dalam Rakor di Jakarta, (Rabu/17/10).

JAKARTA, PAMALNEWS.com – Rapat Koordinasi dan Konsultasi serta pemberian penghargaan KONI Pusat tahun 2018 yang berlangsung di Jakarta, Rabu (17/10) malam, diwarnai protes dari KONI lainya terkait penetapan cabang olahraga di PON XX tahun 2020.

Humas KONI Papua, Roy S Sinambela, ketika dihubungi Pamalnews.com via WhatsApp, Rabu (17/10) membenarkan kekisruan tersebut. “Betul, rakornis awalnya berjalan aman dan lancar,” ujar Roy.

Namun kata dia, saat sesion KONI Papua memaparkan kesiapan Papua sebagai tuan rumah, Kadispora yang juga selaku Wakil Sekretaris KONI Papua, Daud Ngabalin dan beberapa KONI provinsi dalam hal ini KONI Jawa Timur, Bangka Belitung, Bengkulu dan Papua Barat memprotes pengurangan cabor yang akan dipertandingkan di PON nanti.

“Lantaran dari 50 cabor yang ditetapkan KONI Pusat, setelah melalui rapat KONI Papua ditetapkan 45 cabor yang diakomodir. Dengan demikian lima cabor dicoret dengan alasan yang masuk akal,” kata Roy.

Tentu dengan pengurangan ini diprotes KONI lain. Apalagi Provinsi Papua Barat melalui perwakilanya yang hadir ngotot menyampaikan keinginan provinsi tersebut untuk dijadikan sebagai tuan rumah bersama dengan Provinsi Papua.

Sontak saja usulan itu diklarifikasi Hengki Sawaki yang menilai bahwa forum itu bukan forum untuk berdebat dan bukan pada tempatnya dibicarakan. Sebaiknya jika Provinsi Papua Barat ingin menjadi tuan rumah bersama Papua, ada baiknya dibicarakan di tingkat atas yakni antara Gubernur Papua dan Papua Barat.

“Maaf bagi saudaraku dari Papua Barat. Ini bukan ranah saya. Itu menjadi ranah antara pimpinan Papua dan Papua Barat. Dalam hal ini Gubernur Papua dan Papua Barat,” jelas Kadispora Papua, Daud Ngabalin dalam rapat.

Di sesion kedua, ketika Ketua KONI Pusat membuka ruang tanya jawab lagi. Sejumlah daerah mengajukan pertanyaan, namun karena waktu sudah menunjukan pukul 19.30 WIB, Ketua KONI menawarkan agar rapat dilanjutkan setelah makan malam.

Baca Juga:   Pemkab Biak Siapkan Lokasi Cabor Selam dan Hoki

“Hal ini pun mendapat dukungan dari semua peserta yang hadir. Jadi hingga berita ini naik belum bisa ditetapkan jumlah cabor yang dipertandingkan di PON XX tahun 2020,” kata Roy Sinambela. (***/tam)