Raja Ampat Jadi Destinasi ‘Sasetori’ 5 Negara

Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Andi Rusandi.(Foto: Dedi/Pamalnews)

SORONG, PAMALNEWS.com – Raja Ampat, jadi isu pembicaraan, topik pembahasan terkait Kawasan Konservasi Perairan (KKP) sekaligus tempat tujuan pembelajaran seni dan budaya (sasetori) bagi lima negara di kawasan Samudra Pasifik.

Hal ini dikatakan Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Andi Rusandi dalam workshop ke-7 yang digelar Marine Protected Area Regional Exchange (MPA REX) di Kota Sorong, Senin (1/10).

“Papua Barat menjadi pilihan untuk kegiatan kali ini, yaitu Kota Sorong jadi pusat kegiatan workshop dan Raja Ampat untuk sasetorinya,” ujar Andi Susandi.

Andi juga menjelaskan, adanya MPA REX adalah untuk membahas isu-isu terkait kawasan konservasi perairan dalam The Marine Protected Area Working Grup (MPAWG).

“Bagaimana kita mendesain MPAWG ini, agar disetiap negara itu lebih efektif, karena tentunya di setiap negara pasti saja berbeda, baik itu karakteristik seni dan budayanya maupun sumber daya alamnnya,” kata Andi Susandi.

Workshop dengan tema Tata Kelolah Kawasan Konservasi Perairan itu, dihadiri lima negara, di antaranya Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste. (deo)

Baca Juga:   Hadiri Musda, Ketum dan Sekjen DPP REI Tiba di Manokwari