Polda Maluku Kerahkan 7.000 Personel Amankan Pemilu Serentak 2019

Roem Ohoirat
Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat

AMBON, PAMALNEWS.com – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku siap mengamankan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, dengan mengerahkan sebanyak 7.000 personel gabungan TNI/Polri.

Terkait itu, Kapolda mengajak masyarakat khususnya mahasiswa untuk bersama-sama memerangi berita bohong alias hoaks dan ujaran kebencian di media sosial.

Hal ini ditegaskan Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Royke Lumowa melalui Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/3/2019).

Sebelumnya dalam dialog dan lounching Gerakan Jempol Pintar oleh Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Maluku dan Maluku Utara di Kota Ambon, Jumat (8/3), Ohoirat menegaskan Maluku merupakan salah satu daerah yang paling aman di Indonesia.

Menurutnya Keamanan penyelenggaran Pemilu selama ini, tercipta bukan karena semata-mata kehebatan Polri, TNI, KPU dan Bawaslu semata, tapi merupakan kehebatan dari semua elemen masyarakat Maluku.

Masyarakat Maluku secara sadar dan merasa tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Sehingga setiap pelaksanaan pesta rakyat lima tahunan tersebut, kerap berlangsung aman, damai dan lancar.

“Prediksi orang boleh mengatakan daerah kita adalah yang paling tidak aman. Tapi faktanya adalah, kita merupakan daerah yang paling aman. Buktinya pada Pilkada kemarin,” ungkap Ohoirat.

Untuk Pileg dan Pilpres 17 April, Bawaslu menempatkan Maluku pada peringkat ke 4 daerah rawan, setelah Sumatera Barat, Yogjakarta, dan urutan pertama adalah Papua Barat.

Kendati demikian, menurutnya selama proses Pilkada di Maluku tidak pernah ada sampai terjadinya bakar membakar, apalagi saling membunuh.

“Tapi biarlah, yang penting bagi kita Pileg dan Pilpres nanti harus berjalan secara aman dan lancar. Kita sudah siap 7.000 personel dari Polda Maluku dibantu rekan-rekan TNI. Dan modal utama kami adalah masyarakat Maluku yang mempunyai kesadaran tinggi untuk menjaga keamanan dan ketertiban,” tutupnya. (*/jjm)

Baca Juga:   Target Menang di Pemilu 2019 NasDem Bekali Kadernya