Papua Barat Minim Entrepreneur Muda

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, FX Widarto saat membuka pelatihan wartawan ekonomi yang digelar BI Papua Barat, Sabtu (27/10) di Manokwari. (Foto: Rustam/Pamalnews)

MANOKWARI, PAMALNEWS.com – Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, FX Widarto mengatakan, Provinsi Papua Barat saat ini masih minim entrepreneur muda. Karena pencari kerja di provinsi ini banyak memilih sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau menjadi anggota TNI dan Polri.

“Papua Barat minim entrepreneur muda, padahal banyak potensi sumber daya alam di daerah ini,” kata Widarto dalam kegiatan pelatihan kepada wartawan di Manokwari, Sabtu (27/10).

Widarto yang juga Asisten Direktur Bank Indonesia Provinsi Papua Barat sangat berharap bantuan media massa dalam konsep pemberitaan bersamaa Bank Indonesia membangun perekonomian Papua Barat yang lebih baik.

“Wartawan melalui pemberitaan media massa sekiranya bisa menumbuhkan kewirausahaan di provinsi ini. Lewat pelatihan ini, ke depannya wartawan bisa memberitakan kebijakan-kebijakan BI Papua Barat maupun BI pusat,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelatihan kepada wartawan juga merupakan bentuk tanggung jawab Bank Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menulis wartawan di bidang ekonomi, khususnya mengenai pelaksanaan tugas BI.

Sementara, Redaktur Senior Harian Kontan, Titis Nurdiana tampil sebagai pembawa materi. Terkait penulisan berita ekonomi, ia menyampaikan cara praktis menulis berita ekonomi yang baik dan benar.

“Untuk menulis berita kita harus jujur, kita lihat permasalahan yang ada di sekitar kita dan kita harus memahaminya,” tuturnya.

Titis mengingatkan wartawan untuk pula hati-hati menyerap informasi dari sumber postingan di media sosial.

“Jika ada informasi yang menarik, harus menghubunggi pihak-pihak terkait untuk mengetahui keakurasian informasi tersebut, sehingga kebenaran informasi terjamin dan layak menjadi sebuah karya jurnalistik yang baik dan benar,” tandasnya. (tam)

Baca Juga:   Perahu Terbalik, 25 Orang Berhasil Selamat di Laut Rendani