Menteri Yohana Ajak Perempuan Pilih Caleg Perempuan di Pemilu 2019

Yohana Susana Yembise
Menteri PPPA Yohana Susana Yembise dalam forum interaktif kerjasama Ladies International Program (LIP) Indonesia dan @america di Jakarta, Rabu (23/1). (Foto: Kemen PPPA/Istimewa)

JAKARTA, PAMALNEWS.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise mengajak perempuan di Indonesia untuk memilih calon anggota legislatif (caleg) perempuan pada Pemilu di tahun 2019.

“Jangan lupa dukung dan pilih perempuan di Pemilu legislatif nanti agar kuota 30 persen perempuan di politik terpenuhi dan suara peremuan semakin berpengaruh,” kata Menteri Yohana dalam keterangan tertulis yang diterima Pamalnews.com, Jumat (25/1).

Menurut Yohana, jika pemilih perempuan tidak memilih caleg perempuan pada Pemilu di tahun ini, Indonesia kemungkinan tidak maju dan tidak mengejar perubahan secara global.

Karena itu, ia mengajak kaum perempuan untuk bergerak, memenuhi segala ruang sosial dan pembangunan di Indonesia, mendorong hak-haknya terpenuhi, serta memutus mata rantai kekerasan dan diskriminasi.

“Kami mau perempuan itu independen, mandiri, berdiri di atas kaki sendiri, jangan bergantung sepenuhnya kepada suami terutama dalam hal ekonomi,” terangnya.

Menteri asal Papua itu juga menegaskan, kalau ajakannya itu bukan berarti membatasi atau melarang pemilih perempuan untuk memilih calon anggota legislatif, melainkan ajakannya untuk menunjukkan kalau perempuan juga bisa.

“Saya mengajak perempuan-perempuan Indonesia untuk bangkit dan mendukung kesetaraan gender. Perempuan juga harus maju, bangkit, menunjukkan powernya,” ujarnya.

Seperti diketahui jumlah perempuan Indonesia mencapai 126 juta jiwa, atau kurang lebih setengah dari total penduduk. Akan tetapi, keterwakilan perempuan di parlemen belum mencapai 30 persen, yaitu 17 persen di DPR dan 26 persen di DPD. (*/jjm)

Baca Juga:   ASN Diminta Netral di Pileg dan Pilpres 2019