Mama Papua Dilatih Buat Noken

Asisten III Kabupaten Jayapura, Dr. Timotius Demetouw, saat menyematkan tanda peserta pelatihan, Senin (29/10). (Foto: Jack/Pamalnews.com)

JAYAPURA, PAMALNEWS.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Jayapura, pada Senin (29/10) melakukan pelatihan anyaman tas Noken kepada 50 peserta, yang semuanya adalah mama-mama Papua.

Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari tersebut, dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timothius J. Demetouw, SE, M.Si mewakili Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si.

Timothius Demetouw mengatakan, pelatihan membuat Noken merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk membuat suatu kegiatan, yang lebih memfokuskan pada pemberdayaan masyarakat, khususnya perempuan dalam mengembangkan kearifan lokal Noken.

“Sebenarnya kita punya mama-mama yang ada di wilayah pembangunan ini sudah punya semacam keterampilan, namun keterampilan tersebut masih bersifat terbatas, yakni membuat untuk dipakai atau digunakan sendiri,” kata Timothius Demetouw di Jayapura, Senin (29/10).

Lewat pelatihan Noken, lanjut Asisten III, kita sudah mulai diajak berpikir ke depan, mama-mama Papua ini bisa lebih menjadi suatu usaha kreatif. Karena lewat usaha ini tentunya mendatangkan pendapatan atau penghasilan, yang juga dapat menjawab kebutuhan ekonomi keluarga,” tambahnya.

Lanjut Timothius, mama-mama diharapkan mengikuti kegiatan ini secara baik. Sebab itu, melalui pelatihan ini mama-mama Papua tidak hanya bergantung pada meramu (mengambil apa yang ada dalam sumber daya alam).

“Tetapi, dengan usaha ini mereka bisa menekuni satu pekerjaan khusus yaitu, menganyam Noken dalam jumlah banyak. Karena hasil yang banyak tentu akan berdampak pada pendapatan meningkat. Ini akan menjawab kebutuhan dari mama-mama di rumah,” paparnya. (jwl).

Baca Juga:   KAPP Dorong Pengusaha Papua Buat Kerajinan PON