Lebih dari Seribu Orang Hadiri ICBE 2018 di Tanah Papua

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan resmi membuka kegiatan ICBE di Manokwari, Minggu (7/10) Foto - Istimewa.

MANOKWARI, PAMALNEWS.com – International Conference on Biodiversity Ecotourism and Creative Economy (ICBE) 2018 yang digelar di Manokwari 7-10 Oktober, resmi dibuka Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, Minggu (7/10).

Kegiatan yang mengambil tema, provinsi konservasi solusi cerdas pembangunan berkelanjutan di Tanah Papua itu, dihadiri
sekitar 1.073 peserta dari keterwakilan negara-negara sahabat, akademisi, praktisi, masyarakat adat dan peserta umum.

Dalam sambutannya, Gubernur Mandacan mengutarakan tekadnya untuk melakukan perubahan, terkait pembangunan berkelanjutan di Papua Barat.

“Pembangunan berkelanjutan di Papua Barat adalah solusi yang tepat, kita komitmen untuk pencapaian dan target yang telah ditetapkan,” ujar Gubernur.

Terkait pengelolaan kawasan konservasi hutan lindung, Gubernur mengatakan akan dibangun museum di Tanah Papua, sebagai tempat pembelajaran untuk generasi muda dan masyarakat umum.

Sementara khusus tentang tata ruang, usul Gubernur memadukan ruang untuk masyarakat adat, melalui struktur RTRW sesuai dengan amanah Otsus.

Selanjutnya, Gubernur teken MOU dengan perwakilan Provinsi Papua dalam rangka pembangunan berkelanjutan sekaligus MOU dengan mitra pembangunan.

Dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia Papua Barat dengan perwakilan UGM.

Serta penyerahan Rancangan Peraturan Daerah Khusus (Raperdasus) tentang Pembangunan Berkelanjutan dan Pengakuan Hak Masyarakat Hukum Adat di Papua Barat. (jjm)

Baca Juga:   Tiga Pejabat Utama Papua Barat Open House Natal