KONI Papua Tolak Cabor Boling pada PON ke-20 di Papua

Pertemuan KONI Pusat dan KONI Papua di Jakarta, Selasa (16/10)

JAKARTA, PAMALNEWS.com – Keinginan Pengurus Besar (PB) Boling Pusat untuk mempertandingkan cabang olahraga (cabor) Boling di PON ke-20 tahun 2020 di Provinsi Papua ternyata masih menyala-nyala. Terbukti, adanya agenda pertemuan KONI Pusat dan KONI Papua di kantor KONI Pusat, Selasa (16/10).

Tak ayal setelah dilakukan pertemuan antara KONI Papua dan PB Boling Pusat, Plt. Kadispora Provinsi Papua, Daud Ngabalin, secara tegas menolak Boling dipertandingkan di PON ke-20 di Papua.

“Kami sudah sepakati dalam forum tertinggi rapat KONI Papua bahwa cabor Boling tidak dipertandingkan di PON 20. Jadi kalau adalagi sekarang usulan Boling masuk di PON, kami dari KONI Papua tidak setuju dan menolak secara tegas,” kata Ngabalin sebagaimana keterangannya kepada Pamalnews.com, Selasa (16/10).

Anehnya, kata Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, pengurus dan atlet Boling Papua sendiri sampai sekarang tidak ada. Menurutnya dari aspek pembiayaan cukup mahal, belum lagi biaya pemeliharaan menelan dana yang cukup besar.

“Inilah yang menjadi pertimbangan dari KONI Papua dari awal, kenapa Boling tidak dipertandingkan. Jadi kami minta maaf jika Boling tidak dipertandingkan di PON,” ujar Kenius.

Sementara Ketua Umum PB Boling Pusat, Suria Bambang Sulistiyo mengatakan, PB Boling Indonesia mengagendakan di setiap provinsi dibangun lintasan Boling.

“Sekedar informasi sekaligus masukan sama KONI dan pemerintah Papua. Pembangunan Boling ini menjadi program dari PB Boling. Disayangkan jika Boling tidak dipertandingkan di PON ke-20, soalnya di PON sebelumnya di Bandung 2016, Boling dipertandingkan,” kata Suria.

Lanjutnya, namun apabila Boling tidak dipertandingkan, pihaknya memakluminya. “Karena waktu kini semakin mepet. Kami hanya mengusulkan saja, itu tergantung KONI Papua,” tandasnya. (***/tam) 

Baca Juga:   Kukuhkan Pengurus Cabor PB, Gubernur Minta Hasilkan Prestasi