Kapolda: Pergeseran Personel Sesuai Skala Prioritas Pengamanan Pemilu

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Rudolf Alberth Rodja
Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Rudolf Alberth Rodja

MANOKWARI, PAMALNEWS.com – Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Rudolf Alberth Rodja, menegaskan pengamanan Pemilu 17 April 2019 tetap menjadi prioritas utama.

Meski demikian tidak semua personel diterjunkan untuk pengamanan TPS, terutama personel yang memang dibutuhkan seperti penyidik dan staf.

“Saya tak mau bilang semua TPS aman. Skala prioritas pengamanan Pemilu sedang kita siapkan,” ujarnya kepada wartawan usai apel persiapan pengamanan Pemilu di Mapolda, Kamis (14/3/2019) sore.

Orang nomor satu di Mapolda Papua Barat ini menginginkan pembagian personel merata untuk 9 polres jajaran untuk pengamanan Pemilu.

Namun saat apel di Mapolda baru 6 polres jajaran yang personelnya sudah disiapkan, sementara tiga polres lainnya menyusul.

“Sisa 3 polres ini nanti diambil dari 300 personel yang tidak hadir saat ini. Mereka di antaranya masih dinas luar dan lain-lain,” jelasnya.

Kapolda mengaku semua personel yang diterjunkan untuk pengamanan Pemilu tak sebanding dengan jumlah TPS yang tersebar di Papua Barat. Meski demikian upaya pengamanan tetap dilakukan semaksimal mungkin.

“Kita siapkan skala prioritas, bagaimana penempatan personel. Pergeseran personel akan dilakukan H-7 atau H-10 nanti ke polres jajaran,” kata Kapolda.

Apel persiapan pengamanan Pemilu ini bukan yang terakhir karena akan ada apel persiapan secara keseluruhan. Personel yang ditempatkan di lapangan juga nantinya dilengkapi baju dan sepatu khusus.

“Kita cek dan ricek serta kroscek persiapan pengamanan Pemilu. Nanti juga akan koordinasi dengan Kodam XVIII Kasuari untuk kekuatan tambahan,” bebernya.

Dari total 928 personel termasuk Brimob Polda Papua Barat, 626 personil di antaranya hadir saat apel Kamis sore. Sedangkan 302 personil yang tidak hadir diketahui sedang menjalankan dinas dan tugas lain. (red)

Baca Juga:   Hadapi Pemilu 2019, Gubernur Imbau Jaga Situasi Aman dan Kondusif