Ini Harapan Yohana Yembise di Hari Ibu

Menteri PPPA Yohana Yembise
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise. (Foto: Istimewa)

PAMALNEWS.com, Jakarta – Bagi Yohana Susana Yembise, Peringatan Hari Ibu (PHI) merupakan upaya untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia dalam masa merebut kemerdekaan.

“Semoga momentum PHI ke-90 tahun ini dapat mendorong kemajuan perempuan sebagai sumber daya manusia (SDM) yang mengisi pembangunan,” kata Menteri Yohana dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/12).

Mengusung tema “Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa”, ia berharap, peran perempuan sebagai ibu bangsa dapat pula menjadi teladan, pelopor, agen of change, serta individu yang memiliki potensi, prestasi di bidang pembangunan.

Menyoroti situasi dan kondisi saat ini, kata Yohana masih maraknya berbagai persoalan sosial, dimana perempuan banyak menjadi korban kekerasan, terlibat penyalahgunaan narkoba/obat-obat terlarang, pornografi, perdagangan orang dan lain-lain

Menurutnya, perlu cara yang efektif untuk mencegah permasalahan tersebut, di antaranya melalui peran keluarga, sebagai salah satu pilar utama dalam mencegah berbagai bentuk kekerasan yang terjadi khususnya pada perempuan.

“Ketahanan keluarga juga menjadi pondasi dalam menerapkan kehidupan yang harmonis, damai dan religius. Dukungan semua pihak juga menjadi sangat penting dalam aksi-aksi pencegahan kekerasan tersebut,” pesannya. (*/jjm)

Baca Juga:   BNPB: Jumlah Korban Jiwa Gempa dan Tsunami Palu Capai 1.763 Jiwa