IJTI Papua Kecam Pernyataan Bupati Mimika

Ketua IJTI Merto Tangkepayung
Ketua IJTI Merto Tangkepayung bersama Sekjen IJTI Papua saat memberikan keterangan Pers di Jayapura, Jumat (30/11). (Foto: Jack Wally)

JAYAPURA, PAMALNEWS.com – Terkait dengan perkataan Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang menyebut “media goblok” saat memimpin apel pagi di depan ASN Kabupaten Mimika, mendapat kecaman dari organisasi Pers di antaranya Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Papua.

Ketua IJTI Papua, Merto Tangkepayung mengaku sangat menyayangkan pernyataan seorang bupati di hadapan ASN yang menyebutkan “media goblok”. Menurutnya tindakan tersebut tidak mencerminkan etika seorang pemimpin.

“Kami sangat sayangkan sikap Bupati Mimika tersebut, beliau tidak menunjukkan sikap selaku pejabat negara yang patuh pada UU,” kata Merto Tangkepayung dalam keterangan persnya di Jayapura, Jumat (30/11).

Menurut dia, jika ada keberatan atas pemberitaan di media massa, bupati dapat menggunakan hak jawab sebagai bentuk protes terhadap pemberitaan tersebut, seperti yang diatur dalam UU Pers.

Jika terjadi peristiwa begini, kata Merto artinya bupati tidak siap menerima kritikan di era keterbukaan informasi publik saat ini, yang mana seorang pemimpin baik di daerah dan di pusat harus bisa menerima kritikan.

“Peristiwa ini menunjukkan bahwa memang beliau tidak siap menerima kritikan, masa gubernur, menteri bahkan presiden kalau dikritik mereka gunakan hak jawab untuk melawan kritikan,” jelas Merto.

Ditambahkannya, jurnalis bekerja sesuai dan dilindungi oleh UU Pers dan etika jurnalistik, sehingga tugasnya adalah bertanggungjawab kepada publik, bukan kepada pemimpin daerah.

Untuk itu ia meminta kepada Bupati Kabupaten Mimika untuk meminta maaf kepada media di Timika atas pernyataannya. (jwl)

Baca Juga:   KKB Sandera Tenaga Guru dan Medis di Mapenduma