GKI Klasis Sorong – Lions Club Centennial Cendrawasih Gelar Sosialisasi HIV/AIDS

SORONG, PAMALNEWS.com – Dalam rangka memperingati HUT Gereja Kristen Injili (GKI) ke-62 di Tanah Papua, 26 Oktober 2018, GKI Klasis Sorong bersama Lions Club Centennial Cendrawasih gelar sosialisasi pencegahan, penanggulangan HIV/Aids bagi warga di Sorong, Kamis (25/10).

Kegiatan yang mengusung tema, menghapus stigma dan merajut asa itu, menghadirkan sosok pemerhati perempuan Papua, dr. Rosaline Irene Rumaseuw, M.Kes, sebagai pembicara sekaligus narasumber utama.

Menurut Rosaline yang juga adalah President Lions Club Centennial Cendrawasih, kegiatan yang dikemas seapik mungkin dalam bentuk talkshow tersebut, penting diketahui masyarakat, khususnya kaum muda-mudi agar bisa mengetahui dampak dari penyakit menular HIV/AIDS, bagaimana cara mencegahnya.

Kata dia, langkah pencegahan diawal dinilai penting karena HIV/Aids merupakan salah satu penyakit yang penderitanya cukup banyak di Indonesia dan khusus di Papua Barat sangat meningkat.

“Untuk Kota Sorong saja, penyakit HIV/Aids berada di urutan kedua setelah Kabupaten Manokwari. Penyakit ini bisa terkena dari berbagai faktor, mulai penggunaan narkoba, jarum suntik, atau hubungan intim,” jelas Wasekjen IDI Jakarta Utara itu.

Sebagai dokter, ia berpesan agar sejak awal masyarakat bisa berhati-hati dan antisipasi sumber penyakit ini sehingga bisa ditekan penyebarannya.

“Penyakit ini kan bisa dicegah, kalau ada sikap antisipasi dari masyarakat. Dan efektif bila saling mengingatkan yang mana itu dimulai dari keluarga,” pesannya.

Ia juga berharap apa yang disampaikan dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat setempat. “Tak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada pihak gereja yang sudah terlibat dalam kegiatan ini,” ucap Rosaline. (deo)

Baca Juga:   KPU PB Coret 3 Caleg DPR-PB Periode 2019-2024 Dari DCS