Diduga Gelapkan Dana dan Palsukan Dokumen, Oknum Tokoh Pemuda Ditahan Polisi

Kapolres menunjukkan salah satu dokumen yang dipalsukan TB, Selasa (25/9)

MANOKWARI, PAMALNEWS.com – Polres Manokwari menahan oknum Tokoh Pemuda salah satu organisasi keagamaan di Papua Barat berinisial TB (35) pada Kamis (20/9) pekan lalu atas dugaan tindak pidana penggelapan dana dan pemalsuan dokumen serta tanda tangan Bupati Manokwari.

Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi mengaku, kejadian ini terungkap setelah adanya Laporan Polisi (LP) yang dibuat kuasa hukum Pemkab Manokwari, tentang adanya pemalsuan dokumen dimaksud.

“Pemkab Manokwari yang merasa ditipu membuat LP, kemudian kami tindaklanjuti dan menangkap TB dan menetapkan sebagai tersangka,” kata Kapolres dalam keterangannya kepada Wartawan di Polres Manokwari, Selasa (25/9).

Kapolres menjelaskan, awalnya TB mengajukan proposal kepada Pemprov Papua Barat atas nama pemuda salah satu organisasi keagamaan Provinsi Papua Barat lalu dicairkan senilai Rp 500 Juta.

Namun, setelah cair dana tersebut digunakan TB untuk kepentingan pribadi dan bukan untuk kegiatan Kepemudaan seseuai dengan yang tertuang dalam proposal.

Sesuai pengakuan tersangka, dana yang digunakan sudah sebanyak Rp 200 Juta, sedangkan sebanyak Rp 300 Juta masih tersimpan di rekening pribadinya TB.

Karena anggaran yang dicairkan merupakan dana ABPD Provinsi Papua Barat Tahun 2018, sehingga tersangka akan dikenakan Undang-Undang Tipikor.

“Sementara masih dalam proses pengembangan, kelanjutannya seperti apa akan kami sampaikan,” ujar Kapolres. (Iyn)

Baca Juga:   Apresiasi Pengungkapan Jaringan Peredaran Narkotika di Mansel, Ini Harapan Pemda