Bung RT Sebut Penerimaan CPNS di Papua Harus Sistem Offline

Anggota DPR Papua Barat, Mozes Rudy F Timisela

MANOKWARI, PAMALNEWS.com – Anggota DPR Papua Barat, Mozes Rudy F Timisela mengatakan, Pemerintah Pusat harus memberikan tanggung jawab tes Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dikembalikan kepada kebijakan Pemerintah Daerah.

Hal ini menurut Ketua Fraksi Golkar Papua Barat yang diakrab sapa Bung RT ini, sebaiknya pendaftaran calon PNS di Papua dan Papua Barat menggunakan sistem manual (offline).

“Pemerintah Pusat harus memberikan kesempatan kepada Pemerintah Daerah untuk memberikan tangunggung jawab penuh memilih dan mengangkat anak-anak Papua asli. Karena jika dipaksakan sistem online diterapkan, pasti akan bergesekan dengan masyarakat, karena keterbatasan kelengkapan jaringan internet,” ucap Rudy Rabu (26/9) saat di wawancarai.

Lanjutnya, agar capaian target harapan terakomodirnya putra-putri asli Papua dan memprioritaskan amanah UU Otsus untuk keberpihakan, penghormatan tentang adat dan budaya dalam persaingan informasi dapat diseleraskan dengan baik.

Selain itu, dalam meminimalisir dan menekan aksi upaya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam sistem tes CPNS manual, tentunya Pemerintah segera membentuk tim panitia penerimaan yang melibatkan lembaga pengawasan baik dari unsur internal dan eksternal.

Untuk mencegah aksi KKN dan sistim pungli di dalam tes CPNS manual, bisa melibatkan Akademisi, LSM, Kepolisian, untuk menghindari adanya dugaan unsur KKN dan pungli di daerah. Dan Pemerintah Pusat hanya melalukan kontrol melalui BKD Provinsi Papua Barat.

“Sehingga melalui metode pengaturan serah kebijakan pembangunan daerah di Tanah Papua dapat seiring sejalan dengan amanah UU Otsus,” tandasnya. (oly)

Baca Juga:   Ini Alasan Pemindahan Tempat Pleno Distrik Manokwari Barat