Buka Rakernas IWAPI, Presiden Jokowi: Kita Butuh Banyak Pengusaha Wanita

Foto Dok Kemen PPPA - Istimewa

PADANG, PAMALNEWS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise membuka acara Rapat Kerja Nasional Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Rakernas IWAPI) di Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (8/10).

Di Rakernas IWAPI ke-28 yang dihadiri sekitar 1.200 perempuan itu, Jokowi mengatakan kalau saat ini Indonesia butuh banyak wanita pengusaha untuk mendorong kemajuan ekonomi.

“Kita butuh banyak pengusaha, apalagi pengusaha perempuan yang kadang jauh lebih ulet, gigih dan telaten dibanding pengusaha laki-laki. Jika pengusaha perempuan semakin maju, maka ekonomi Indonesia juga akan maju,” ujar Jokowi.

Hal senada juga diungkapkan Menteri Yohana, bahwa perempuan memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan membangun kewirausahaan di Indonesia.

Sayangnya, besarnya peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan perekonomian bangsa ini, belum diiringi dengan kepedulian banyak pihak untuk memperbesar akses dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas usaha bisnis perempuan.

Acara pembukaan Rakernas IWAPI ke-28 di Kota Padang, Senin (8/10).

“Akses permodalan, akses bimbingan dan pelatihan sering kali menjadi persoalan klasik yang dihadapi perempuan pelaku usaha mikro dan super mikro,” kata Menteri Yohana sebagaimana dalam keterangan tertulisnya.

Terkait itu, Menteri Yohana berharap Rakernas IWAPI menjadi forum untuk membahas berbagai persoalan perempuan di bidang ekonomi.

Menghasilkan strategi yang tepat, terobosan jitu, serta program kerja yang konkrit dan nyata bagi kaum perempuan dalam meningkatkan usaha bisnisnya, khususnya bagi perempuan pelaku usaha skala mikro dan super mikro.

“Jika program kerja tersebut berhasil, secara tidak langsung berkontribusi pada penguatan ketahanan keluarga, termasuk ketahanan ekonomi,” tandasnya.

Di Rakernas IWAPI kali ini, Menteri Yohana juga membuka Pameran IWAPI yang menyuguhkan berbagai hasil kerajinan tangan dan industri rumahan dan usaha mikro kecil menengah. (jjm/dok)

Baca Juga:   Jokowi-Ma'ruf Dijadwalkan Hadiri Rakernas MUI di Raja Ampat