BPOM Gandeng Aisyiyah, Kerjasama Tingkatkan Mutu UMKM PB

Kepala Seksi Informasi dan Konsumsi BPOM Papua Barat, Purnama Dwi Tristiyanto (kemeja biru). (Foto: Rustam/Pamalnews)

MANOKWARI, PAMALNEWS.com – Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Papua Barat bersama Pengurus Wilayah Aisyiyah Papua Barat kerjasama untuk meningkatkan mutu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di provinsi Papua Barat.

“Kita melakukan kerjasama dengan Aisyiyah dan juga Ormas lainnya,” kata Kepala Seksi Pelayanan Informasi Konsumsi BPOM Papua Barat, Purnama Dwi Tristiyanto kepada Pamalnews.com dalam kegiatan Bimtek di gedung BPOM Papua Barat, Sabtu (29/9).

Purnama menjelaskan, BPOM dalam melakukan pengawasan tidak jalan sendiri, salah satunya mengajak masyarakat dan juga Ormas.

Dan Bimtek yang diadakan merupakan perpanjang tangan BPOM di daerah, agar mampu mengembangkan UMKM, sehingga UMKM di Papua Barat bermutu, aman sesuai prosedur kesehatan.

Ia menambahkan, lewat Bimtek, BPOM juga melatih fasilitator dari 13 kab/kota agar Ormas menggerakkan UMKM untuk meningkatkan ekonomi dan kesehatan masyarakat Papua Barat.

“Peserta Bimtek dari daerah kita undang dan dilatih, bagaimana cara produksi pangan olahan yang baik, seperti memproduksi keripik sukun, singkong atau keripik pisang yang bermutu,” jelasnya.

Disinggung soal mutu dan kelayakan konsumsi produksi UMKM di Papua Barat, ia mengatakan UMKM di bawah pembinaan Dinas Kesehatan kab/kota, selalu membantu dalam pembinaan dan pengawasan.

Soalnya, mutu UMKM di Papua Barat tergolong cukup baik, namun perlu diperhatikan sanitasi, kemudian bahan-bahan yang digunakan harus aman untuk dikonsumsi.

“Secara rata-rata UMKM di Papua Barat masalahnya di sanitasi, kebersihan dan prosesnya harus perlu diperhatikan lagi.

“Saya berharap kader-kader Aiysiyah juga aktif dan peduli terhadap keamanan pangan, terus membina UMKM dan ikut meningkatan UMKM di kab/kota di Papua Barat,” timpalnya.

Ketua Wilayah Aisyiyah PB, Suriyati (batik hijau)

Melengkapi itu, Ketua Wilayah Aiysiyah, Suriyati mengatakan bahwa kegiatan digelar BPOM Papua Barat, bermitra dengan organisasi perempuan, Aisyiyah.

Baca Juga:   Lengkapi Bukti, Bawaslu Fakfak Segera Panggil Jimmy Ijie

“Pesertanya dari 13 kab/kota di Papua Barat, harapan kami hasil dari Bimtek ini betul-betul dilaksanakan di daerah, sehingga mereka dapat memberikan pendampingan kepada UMKM,” ujar Suriyati. (tam)